Friday 20 July 2007

Virus Godzilla Hijrah dari Thailand ke Indonesia

Perusahaan antivirus PT Vaksincom melaporkan keberadaan virus komputer yang telah menelorkan sejumlah varian.

"Virus ini ditengarai awalnya menyebar luas di Thailand, namun akhir-akhir ini variannya banyak menyebar dalam pesan Bahasa Indonesia," kata spesialis antivirus PT Vaksincom, Alfons Tanujaya.

Pada komputer yang terinfeksi Solow, terdapat tanda-tanda berupa teks "Hacked by Godzilla" (untuk varian awal) atau "Hacked by Zay" (untuk varian terbaru). Tulisan tersebut muncul tiap kali pengguna membuka browser Internet Explorer. Norman Virus Control mendeteksi virus ini dengan nama Solow.

Dijelaskan Alfons virus ini sudah menghasilkan banyak varian. Masing-masing varian mempunyai karakteristik yang sama, walaupun ada sedikit perbedaan yang muncul dari aksi yang dilakukannya.

"Solow dibuat dari program bahasa pemrograman umum VBScript dengan ukuran sebesar 4 KB untuk varian awal dan 8 KB untuk varian terbaru," ujarnya.

Menurut Alfons, varian awal virus ini tidak sampai melakukan blok fungsi Windows sehingga lebih mudah untuk dibersihkan, sedangkan pada varian terakhirnya virus ini berusaha melakukan blok terhadap beberapa fungsi Windows seperti: Task manager, Msconfig, Regedit, Folder Option, dan CMD.

Solow cukup usil dengan mengubah nama pemilik Windows menjadi "r4n694-24y" dan organisasi pemilik Windows menjadi "Don't Panic, System anda sudah kami ambil alih !".

"Jika komputer sudah terinfeksi Solow, maka Anda tidak akan dapat membuka Drive pada komputer Anda," ujar Alfons.

Untuk membasmi virus ini, selain dengan cara manual Alfons juga menyarankan agar pengguna komputer selalu menginstal software antivirus dengan update terbaru.
(nks/nks)