Thursday 3 April 2008

Menampilkan Video You Tube pada Wordpress



You Tube adalah salah satu layanan video yang paling populer. Kita bisa mendownload dan mengupload file video kita melalui You Tube dengan gratis tanpa harus membayar sepeserpun dan tanpa perlu memikirkan tempat serta space harddisk yang dibutuhkan. Nah begitu juga ketika kita akan menampilkan video pada blog (dengan catatan : menggunakan wordpress yang di install sendiri, bukan dari penyedia blog wordpress gratis). Kita bisa bisa memanfaatkan layanan You Tube plus menambahkan sebuah plugin khusus untuk Wordpress.

Plugin yang dapat digunakan agar kita dapat menambahkan video dari You Tube adalah Embedify yang dapat diperoleh di weblogtoolscollection.com.

Cara instal plugin tersebut adalah :
1. Upload embedify.zip ke folder wp-content/plugins
2. Extract file tersebut sehingga menghasilkan file embedify.php
3. Aktifkan plugin melalui Wordpress Admin Control Panel

Selanjutnya silahkan menambahkan video dengan menggunakan tag EMBED biasa. Contohnya penulisan tagnya adalah sebagai berikut :

embed src=”http://www.youtube.com/v/aUIohLC1drw&rel=1″


Alamat URL videonya didapatkan dari bagian Embed yang sudah disiapkan oleh You Tube. (ajiegs)

3 comments:

  1. Kalau di blogspot bisa nga...?

    ReplyDelete
  2. Hello. This post is likeable, and your blog is very interesting, congratulations :-). I will add in my blogroll =). If possible gives a last there on my blog, it is about the Celulite, I hope you enjoy. The address is http://eliminando-a-celulite.blogspot.com. A hug.

    ReplyDelete
  3. di blogspot bisa saja..nanti saya posting tapi sekarang lg sibuk banget

    ReplyDelete